Pembuatan Tempat Sampah Sederhana


Salah satu program kerja kelompok KKNT 46 UTM ialah pembuatan tempat sampah sederhana. Tujuan dari program kerja ini yakni untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya penanganan dan pemilahan sampah.


Kegiatan ini memberikan percontohan mengenai pembuatan tempat sampah sederhana yang mana tempat sampah sederhana ini dapat dibuat dengan bahan-bahan bekas pakai seperti kayu bekas, bahkan dari ban bekas juga dapat dimultifungsikan untuk tempat sampah sederhana. Tujuan dari tempat sampah sederhana tersebut ialah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu tempat sampah sederhana ini juga dapat mengurangi limbah sampah di desa Kwanyar Barat itu sendiri. Serta memberikan fasilitas umum kepada masyarakat desa kwanyar barat untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Dalam proses pembuatan tempat sampah sendiri yang di buat kelompok KKNT 46 UTM terbagi menjadi beberapa tahapan yang mana di mulai dari tahap desain awal, pemotongan, perakitan, hingga dimultifungsikan kemasyarakat. Pada tahapan desain awal ini untuk mengetahui bentuk tiga dimensi (3D) atau dua dimensi (2D) dari tempat sampah sederhana yang di rancang serta dapat mengetahui ukuran yang ingin di buat sebelum pemotongan, tahap pemotongan adalah memotong bahan yang akan digunakan, bahan yang digunakan ialah kayu dan papan. Tahapan perakitan adalah perakitan kayu untuk rangka awal pada tempat sampah sederhana tersebut. Tahapan terakhir adalah mefungsikan tempat sampah tersebut untuk Masyarakat desa kwanyar barat sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar