Kunjugan UMKM olahan krupuk ikan


Kunjungan dan Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu program kerja kelompok mahasiswa KKNT kelompok 46 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dalam bidang ekonomi. Tujuan dari adanya program kunjungan UMKM ini yaitu untuk mengetahui proses pembuatan krupuk olahan ikan yang berpotensi dapat dikembangakan melalui sosialiasi mengenai pengembangan UMKM. Kunjungan UMKM ini dilalukan di beberapa tempat industri pengolahan ikan khususnya di desa Kwanyar Barat.

Hasil dari kunjungan UMKM ini yaitu untuk mengetahui proses produksi olahan ikan yang ada di desa Kwanyar Barat. Didalam kunjungan mahasiswa KKNT 46 UTM melakukan wawancara dan terjun langsung dalam pembuatan produksi olahan ikan.

Pada tahap pertama yakni pembersihan sekaligus penghalusan ikan, setelah itu dilakukan pengandukan dengan tepung dan di blender dengan resep khas Kwanyar Barat. Kemudian dilakukan proses pembentukan adonan krupuk. Lalu dilakukan pengukusan, pemotongan dan penjemuran. Dan di proses akhir yakni melakukan pengemasan krupuk untuk siap diedarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar