Pembuatan & Pemasangan Plang Petunjuk Arah Dusun

 




Salah satu program kerja KKN-T 46 UTM di desa Kwanyar Barat yakni pembuatan dan pemasangan plang petunjuk arah dusun. Pemasangan plang petunjuk arah dusun diharapkan dapat berkelanjutan secara menyeluruh di wilayah desa Kwanyar Barat, jika dilihat secara fungsi dan manfaatnya bagi masyarakat dalam desa maupun pengguna jalan lainnya akan sangat berguna dan bermanfaat.

Tujuan dari adanya pembuatan plang petunjuk arah dusun adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan pengguna jalan lainnya yang ingin mencari lokasi atau jalan di Desa Kwanyar Barat. Sasaran dari kegiatan atau program ini adalah untuk menciptakan wilayah Desa Kwanyar Barat yang lebih tertata.

Kegiatan ini dilakukan selama lima hari yang dimulai dari tanggal 07 Januari hingga 12 Januari 2024. Sebelum membuat plang petunjuk arah dusun, penanggung jawab program kerja melakukan koordinasi dan menjelaskan ide pembuatan plang nama dusun ke perangkat desa. Lalu melakukan survei lokasi didampingi perangkat desa untuk penempatan plang petunjuk arah dusun. Hal ini bertujuan untuk memastikan nama dan lokasi dusun yang ada di Desa Kwanyar Barat sudah benar sehingga mempermudah dalam pendataan pembuatan plang petunjuk arah dusun tersebut.

Setelah mendapatkan izin dari pihak desa, Tim KKN-T 46 UTM melakukan pembelian bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan plang petunjuk arah dusun diantaranya yaitu kayu balok, kayu papan, paku, semen, pasir, cat.

Setelah semua bahan tersedia, Tim KKN-T 46 UTM langsung melakukan pembuatan plang petunjuk arah dusun sesuai rencana dan sketsa yang telah dibuat. Plang petunjuk arah dusun tersebut dipasang di empat titik yang sudah direncanakan di Desa Kwanyar Barat, nama dari kelima dusun tersebut yaitu Dusun Bagungan Barat, Dusun Bagungan Timur, Dusun Sumber Gedung Barat, Dusun Sumber Gedung Timur, dan Dusun Masjid Utara.


Pada hari Jum’at (12 Januari 2024) Tim KKN-T 46 UTM melakukan pemasangan plang petunjuk arah dusun di titik atau tempat yang sudah disediakan oleh pihak desa didampingi oleh perangkat Desa Kwanyar Barat. Untuk memperkuat pemasangan plang tersebut dilakukan dengan cara pengecoran menggunakan semen dan batu kerikil sehingga akan lebih awet daripada pada pemasangan biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar